KOPI KIM Sumernep,- Pemerintah Kabupaten Sumenep terus bersinergi bersama organisasi perangkat daerah (OPD) dalam memberikan pelayanan maksimal terhadap masyarakat di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur. Salah satunya dalam wujud layanan kedaruratan Call Center 112 Sumenep untuk membantu mengatasi persoalan yang terjadi di masyarakat sekitar.
"Karena ini perintah, maka 24 jam harus selalu siap siaga," kata Kepala Bidang (Kabid) Teknologi dan Informatika Kabupaten Sumenep, Chairul saat ditemui di ruang kerjanya, Senin, (10/04/2023).
Pihaknya menegaskan bahwa layanan 24 jam non stop tersebut merupakan instruksi langsung dari Bupati Sumenep Achmad Fauzi, yang meminta seluruh OPD di Kabupaten Sumenep, dalam membuat standar layanan berkualitas. Hal itu agar dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh warga ketika mengalami berbagai persoalan di lingkungannya, seperti bencana alam, adanya tindakan kriminal, kebakaran, dan lainnya.
Dengan beberapa alasan konkret tersebut dan karena Call Center 112 sering bersinggungan dengan masyarakat, maka seperti yang disampaikan oleh Chairul, bahwa seluruh elemen yang ada di dalamnya harus selalu stay.
"Aduan yang masuk akan langsung ditindaklanjuti oleh petugas. Kemudahannya di sini adalah karena layanan ini tanpa dikenai biaya. Gratis lah,".
"Petugas tetap disiagakan, hal-hal buruk tidak kita harapkan, tetapi harus selalu siap mengupayakan layanan terbaik, sebagai antisipasi dan terus waspada" lanjutnya.
Selain itu, pihaknya juga menambahkan bahwa sekalipun dalam waktu kurang lebih 2 minggu yang akan datang, akan memasuki moment cuti bersama dan libur Idul Fitri 2023, tidak akan berpengaruh terhadap layanan kedaruratan Call Center 112 yang akan tetap beroperasi sebagaimana biasanya. Bahkan, akan dibuatkan jadwal serentak terhadap tim-tim petugas di dalamnya seperti Damkar, BPBD, POL PP dan dinas terkait lainnya.
( Elok Andriani, Udiens, Syafika Auliyak,Red/ KOPI KIM)